Kamu Penjual Online, Wajib Tahu Algoritma Facebook 2021 Berikut Solusi Untuk Mendapatkan Target Dari Facebook Organik

Kamu Penjual Online, Wajib Tahu Algoritma Facebook 2021 Berikut Solusi Untuk Mendapatkan Target Dari Facebook Organik - Hallo Sobat PapAffan - Seputar Dunia Teknologi Internet Dan Social Media, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kamu Penjual Online, Wajib Tahu Algoritma Facebook 2021 Berikut Solusi Untuk Mendapatkan Target Dari Facebook Organik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami.



Judul : Kamu Penjual Online, Wajib Tahu Algoritma Facebook 2021 Berikut Solusi Untuk Mendapatkan Target Dari Facebook Organik
link : Kamu Penjual Online, Wajib Tahu Algoritma Facebook 2021 Berikut Solusi Untuk Mendapatkan Target Dari Facebook Organik

Baca juga


Kamu Penjual Online, Wajib Tahu Algoritma Facebook 2021 Berikut Solusi Untuk Mendapatkan Target Dari Facebook Organik

Ilustrasi Activecampigne
 
Terlebih dahulu Kamu harus tahu pengertian Algoritma.

Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik (Wikipedia) 

Kalimat sederhananya begini, Algoritma adalah urutan kejadian yang  terprogram atau telah di perintahkan. Contoh; Untuk datang ke kantor setiap hari kamu akan memulai dari bangun tidur - mandi - pakai baju - menghidupkan kendaraan - mangendarainya dan sampai.

Dan di sini Saya akan menjelaskan urutan kejadian yang terjadi di Media Sosial Facebook menurut pantauan Saya, silahkan baca sampai selesai.

Meskipun algoritme itu sendiri cukup rumit, Umpan Berita (yang muncul di beranda)  bekerja melalui empat faktor dasar:

 Inventaris: 

Mewakili semua konten di Facebook yang tersedia untuk ditampilkan di Umpan Berita pengguna. 

Indikator:

 Indikator yang menginstruksikan Facebook konten yang akan ditampilkan. Walaupun indikator  mencakup beberapa kriteria, yang paling berbobot adalah: Suka, komentar, dan berbagi tentang status pengguna 

Keterlibatan dengan konten penerbit yang diposting melalui teman dan berbagi messenger balasan untuk komentar dari video. 

Predictions:

 Bagian ketiga ini adalah tempat Facebook memutuskan apa yang akan ditampilkan kepada pengguna berdasarkan profil mereka, preferensi News Feed, dan perilaku sebelumnya. Catatan tambahan yang menarik di sini adalah bahwa menurut PewResearch.org, hampir tiga perempat (74%) pengguna tidak tahu Facebook mempertahankan ini dan hampir sepertiga (27%) mengklaim bahwa Facebook tidak sesuai keinginan pengguna. 

Skor: 

Setiap konten menerima skor kualitas berdasarkan relevansinya bagi pengguna. Semakin tinggi skornya, semakin besar peluang untuk muncul di umpan berita (yang muncul di beranda) pengguna. 

Dengan menggunakan faktor-faktor ini, Facebook dapat menampilkan (memprioritaskan) umpan setiap pengguna dengan cara yang unik dan sangat relevan bagi mereka.

 Mengapa Facebook Menampilkan Interaksi Yang Bermakna?

 Ada banyak spekulasi tentang apa yang mendorong perubahan pendekatan Facebook ke Umpan Berita. Tanpa menggali terlalu jauh hal-hal kecil tersebut, pembaruan pada algoritme menghasilkan fokus yang lebih besar pada apa yang disebut Facebook sebagai "interaksi yang bermakna".

 Perubahan itu berarti Facebook sekarang lebih peduli tentang pengguna yang menemukan kualitas waktu yang dihabiskan di platform. Dengan kata lain, kualitas melebihi kuantitas.

 Untuk publisher, penjual online, atau pemasang iklan facebook/facebook ads harus memiliki strategi yang lebih baik. 


Strategi Memanfaatkan Algoritma Facebook  Demi Kepentingan Bisnis

Algoritma baru memang mempersulit konten bisnis Anda untuk menerobos ke audiens target Anda. Sejak perubahan berlaku, publisher telah melihat penurunan keterlibatan organik mereka secara dramatis dari 2018. Untuk mengatasinya dan untuk menghindari postingan produk Anda dikesampingkan, konten Anda perlu mengumpulkan suka, komentar, dan meningkatkan kemudahan untuk dibagikan.  

Berikut hal untuk membantu meningkatkan visibilitas organik Anda di platform Facebook.

Strategi pemasaran online terbaik dimulai dan diakhiri dengan konten yang bagus.

Apakah Anda meinginkan target mengunjungi website bisnis Anda? Jika Jawabannya iya,
Isi halaman Anda dengan konten yang menurut pengunjung Anda berharga - postingan blog yang informatif, panduan interaktif, dan video yang diproduksi dengan baik.

 Apakah Anda ingin orang berbelanja lansung di toko online Anda? Beri mereka fitur yang akan membuat pengalaman berbelanja mereka lebih mudah dan menyenangkan - video produk, gambar yang hidup, dan testimoni pembeli.

 Apakah Anda ingin orang menanggapi pemasaran email Anda? Jadikan email Anda berpengaruh dengan informasi yang ingin mereka baca dan pelajari lebih lanjut.

Untuk mengembangkan konten yang menghubungkan, berikut lima metode utama untuk memulai: 

Kenali Audiens Anda 

Meneliti audiens Anda akan membantu Anda menentukan konten yang akan beresonansi dan menimbulkan respons emosional yang positif. Ini juga memastikan Anda menghindari memposting materi yang akan membuat mereka marah atau menyebabkan pengguna kehilangan minat pada perusahaan Anda. Sering-seringlah memposting, manfaatkan waktu terbaik.

Temukan irama pengeposan yang tepat untuk bisnis Anda sehingga Anda tidak meremehkan basis pelanggan yang tersedia atau membanjiri pemirsa yang lebih selektif dengan interaksi mereka. Waktu adalah segalanya 

Aspek lain untuk posting yang sukses adalah menentukan waktu terbaik untuk meletakkan konten Anda di Facebook. Anda dapat menggunakan Facebook Insights untuk mengetahui kapan target demografi Anda paling aktif. Memposting terlalu awal atau terlambat tidak banyak membantu interaksi Anda jika audiens yang ingin Anda jangkau adalah orang-orang yang berada di tengah-tengah jam sibuk.

Ada kemungkinan besar Anda menemukan banyak pos Facebook yang lebih mirip spam daripada konten yang relevan. Ini melibatkan postingan apa pun yang bertentangan dengan tujuan Facebook untuk meningkatkan keaslian cara orang berinteraksi. 

Beberapa contoh secara khusus dikutip sebagai umpan keterlibatan - dan apa yang harus Anda hindari untuk memposting - termasuk memberikan suara, bereaksi, berbagi, memberi tag, dan memancing komentar.

 Memanfaatkan hashtag 

Hashtag bisa jadi rumit jika tim pemasaran Anda tidak yakin tentang cara terbaik memanfaatkannya. Tetapi mereka adalah sumber daya yang kurang dimanfaatkan di Facebook, dapat membantu pencarian Anda, dan menempatkan merek/produk Anda dalam campuran interaksi yang relevan. Beberapa tip yang perlu dipertimbangkan saat memasuki dunia hashtag yang masih berkembang meliputi: 

  • Jangan terlalu sering menggunakan hashtag - hashtag tidak perlu ada di setiap pos yang Anda buat. Saat Anda menggunakan hashtag, jangan memenuhi postingan dengannya. 
  • Jangan menyalahgunakan hashtag (atau menggunakan yang tidak penting untuk tujuan Anda) untuk meningkatkan posisi Umpan Berita Anda.
  • Manfaatkan hashtag jika relevan dengan produk Anda. 
  • Bawalah tagar yang relevan dari akun Twitter atau Instagram Anda untuk menciptakan kehadiran yang konsisten di seluruh platform. 
  • Buat hashtag Anda sendiri jika sesuai untuk bisnis dan audiens Anda. Terlepas dari apa yang dilakukan perusahaan Anda, atau industri tempat Anda beroperasi, audiens Anda selalu mencari informasi yang otentik, berharga, dan relevan dengan kebutuhan atau keinginan mereka.

 Hasilkan interaksi pengguna

Dari siaran pers tentang perubahan terbaru pada algoritme, Facebook mencatat, "posting status beranda/halaman/group yang menghasilkan percakapan di antara orang-orang akan ditampilkan lebih tinggi di News Feed."

Ini tergantung pada kemampuan Anda untuk menciptakan keterlibatan yang memotivasi atau menginspirasi kelompok atau komunitas untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain. 

 Siapa audiens Anda sangat menentukan bagaimana hasilnya, tetapi poin-poin utama yang akan membantu Anda mematuhi apa yang dicari Facebook meliputi: 

  •  Membuat postingan yang memulai percakapan, baik itu topik trending yang luas atau yang unik untuk basis audiens Anda. 
  •  Berbagi konten yang memicu emosi atau membawa makna bagi audiens Anda. 
  • Mencari umpan balik tentang ide, produk, atau layanan (ingat, mintalah umpan balik yang tulus - bukan suka, komentar, atau tag). 
  • Membuat grup Facebook yang sejalan dengan fokus perusahaan Anda sehingga pengguna dapat bergabung untuk melibatkan orang lain dengan pandangan serupa. 
  • Memastikan postingan Anda berisi elemen yang menarik perhatian dan layak ditanggapi - video langsung; gambar yang jelas dan berkualitas tinggi; asli, konten asli. 
  •  Kesimpulan besarnya adalah memastikan semua yang Anda lakukan mendorong audiens Anda menuju keterlibatan secara alami.

 Selalu Membalas Pertanyaan

 Dua Cara Memastikan audiens Anda mendengar jawaban dari Anda setelah Anda mengetahui pertanyaan dari mereka.

  •  Pertama, Saat pengguna berkomentar sesuatu yang Anda poskan, itu adalah langkah pertama dalam membuat jenis keterlibatan berharga yang kami sebutkan di atas. Saat Anda membalas, jika pengguna memposting pertanyaan atau tanggapan tindak lanjut, ini memberi tahu Facebook bahwa konten Anda penting bagi pengguna tersebut.
  •  Kedua, membalas komentar membantu membangun citra merek Anda sebagai merek yang responsif terhadap kebutuhan dan pertanyaan pelanggannya.
 Ini tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran di Facebook, tetapi juga akan terbawa ke aspek lain dari keterlibatan pelanggan Anda, terutama secara online.
 

Jalankan Siaran Langsung

 Di Facebook (yang, menurut Alexa Amazon, menempati peringkat ketiga situs web terpopuler di dunia setelah Google dan YouTube), video telah menjadi alat keterlibatan utama, dan angka-angka menunjukkan bahwa ini akan terus bertambah.

 Namun, jika menyangkut video, video langsung adalah yang benar-benar berkembang pesat di Facebook, dengan Facebook Live memperoleh tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi daripada video biasa. Konten tidak menjadi lebih menarik daripada menempatkan pengguna di tengah-tengah aksi.

 Pertimbangkan iklan Facebook

Fakta tentang Iklan Facebook adalah bahwa biaya mereka meningkat. Menurut penelitian dari AdStage, hal ini sebagian besar disebabkan oleh algoritma yang memengaruhi waktu pengguna yang dihabiskan di platform. Dengan pengguna menghabiskan lebih sedikit waktu di Facebook, ada lebih sedikit tayangan iklan, dan selaras dengan biaya iklan yang lebih tinggi.

 Tentu saja, faktor lain juga berperan, produk spesifik Anda, dan lokasi. Jadi, mengapa mempertimbangkan biaya iklan Facebook saat Anda mencoba membangun keberadaan organik di platform yang sama?

 Selain itu, iklan Facebook fleksibel dan skalabel, dua hal yang lebih sulit didapat hanya dengan pendekatan organik.

Ingat, strategi pertumbuhan organik Anda adalah tentang memperkuat koneksi. Memasangkan upaya Anda dengan iklan Facebook akan membantu memberi Anda satu-dua pukulan hebat saat mempromosikan sesuatu yang baru, mencoba mengembangkan audiens Anda, atau mencoba menjangkau klien yang sangat spesifik.

Go Lokal 

 Jika Anda menjalankan bisnis dengan footprint yang lebih kecil, ini akan membuktikan transisi yang mulus karena banyak posting Anda mungkin sudah melayani wilyah lokal Anda. 

 Perusahaan yang lebih terkemuka juga dapat memanfaatkan tren ini dengan memproduksi konten yang secara berkala berfokus pada kota atau wilayah - terutama tempat perusahaan Anda memiliki kehadiran yang kuat.

 Libatkan Kerja Tim Anda

 Kemungkinan besar hampir setiap anggota organisasi Anda memiliki kehadiran aktif di Facebook. Manfaatkan basis fans bawaan ini dengan meminta rekan kerja berbagi konten Anda dengan jaringan mereka yang sudah mapan. Cara "keroyokan" internal tim ini akan membantu memperluas audiens Anda dengan "margin yang cukup" menurut penelitian dari Post Beyond.

Minta penggemar Anda untuk mengikuti Anda

Salah satu cara untuk mengalahkan algoritma Facebook adalah dengan menghindarinya.

 Anda dapat mencapai ini melalui tugas sederhana meminta audiens Anda untuk mengikuti merek produk Anda. Untuk menghindarinya muncul sebagai umpan keterlibatan, tambahkan sebutan di bagian akhir konten profil tinggi - artikel blog atau video - dan pastikan Anda tahu cara menginstruksikan pembaca Anda untuk mengaktifkan pemberitahuan untuk posting Anda jika pertanyaan itu muncul.

Dapatkan Lencana Persetujuan Facebook 

 Anda pasti pernah melihat halaman dengan lencana biru atau abu-abu - cap persetujuan resmi Facebook. Lebih dikenal sebagai verifikasi Facebook, perbedaan ini menunjukkan kepada pengguna bahwa halaman Anda hadir secara resmi di platform.  

Hal ini tidak hanya meningkatkan keaslian laman Anda dengan membuktikan bahwa Anda adalah yang Anda katakan, tetapi juga membantu peringkat laman Anda lebih tinggi dalam penelusuran dibandingkan yang lain dengan konvensi penamaan yang serupa.

 Lihatlah Facebook Insights Milikmu

Mengatasi algoritme Facebook yang membatasi dan membangun jangkauan organik Anda di platform bukanlah upaya "kirim dan lanjutkan". Itu memang membutuhkan penelitian dan pemahaman yang terus berkembang tentang apa yang berhasil dan yang tidak. Jadi manfaatkan Facebook Insights.

Facebook insights membantu Anda mengawasi seberapa baik kinerja halaman dan posting Anda, termasuk poin data yang mencakup demografi audiens, bagaimana audiens tersebut terlibat dengan konten Anda, dan waktu terbaik untuk menjangkau orang-orang yang ingin Anda libatkan.

 

Catatan terakhir: ini tetap tentang konten yang bagus dan keterlibatan yang bermakna

 Tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook berperan penting dalam kehidupan pribadi kita. Tapi itu juga memberikan pengaruh yang cukup besar pada kehidupan profesional kita juga. Agar penjual online berhasil membangun jangkauan organiknya di platform Facebook, Anda harus mengikuti aturan mereka.

 Kabar baiknya adalah bahwa peraturan tersebut mudah diikuti.

Posting konten berkualitas yang berharga dan relevan dengan kebutuhan dan keinginan audiens target Anda. Jangan mengirim spam atau umpan dan jangan takut untuk menjadi kreatif saat mencoba terhubung dengan pengguna (menggunakan video langsung dan hashtag, misalnya).  
 
Bagaimanapun, ini disebut organik karena suatu alasan. Bersikaplah wajar, perlakukan audiens Anda baik pelanggan saat ini maupun yang akan datang seolah-olah mereka adalah teman dekat atau anggota keluarga, dan algoritma Facebook akan memberi Anda imbalan.
 
 
Source; Dari riset berbagai media online luar negeri dan pantauan lansung selama menggunakan facebook for business.