Cara Membuat Toko Online Facebook 2021 Menggunakan Shopify

Cara Membuat Toko Online Facebook 2021 Menggunakan Shopify - Hallo Sobat PapAffan - Seputar Dunia Teknologi Internet Dan Social Media, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Toko Online Facebook 2021 Menggunakan Shopify, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami.



Judul : Cara Membuat Toko Online Facebook 2021 Menggunakan Shopify
link : Cara Membuat Toko Online Facebook 2021 Menggunakan Shopify

Baca juga


Cara Membuat Toko Online Facebook 2021 Menggunakan Shopify

 

ilustrasi ; subursetya.com

Saya Harap Anda telah membaca postingan saya sebelumnya, jika belum silahkan "klik disini" untuk membacanya.Hubungannya adalah setelah Anda memahami Algoritma Facebook, saatnya Anda membuat Toko Online Facebook untuk memasarkan produk yang ingin Anda Jual.

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 1,70 miliar orang masuk setiap hari untuk menghabiskan rata-rata 58,5 menit di platform.

 Jika Anda menjual produk secara online dan Anda tidak memiliki toko Facebook, Anda kehilangan peluang besar. 

 Fitur toko Facebook tidak hanya tersedia untuk penjual besar - siapa pun dapat ikut serta. Untuk pemilik toko e-niaga, ini adalah salah satu cara paling mudah dalam menggunakan pemasaran media sosial. Selain itu, Facebook sekarang memungkinkan Anda menyiapkan toko yang dioptimalkan untuk seluler agar orang-orang dapat mengaksesnya di Facebook dan Instagram. 

Fitur barunya, yang disebut Toko Facebook, memudahkan pengguna untuk menemukan, menelusuri, dan membeli produk Anda di platform yang mereka gunakan setiap hari untuk menikmati pengalaman baru. 

Di artikel ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang fitur Toko Facebook yang baru. Kami kemudian akan menunjukkan kepada Anda cara membuat toko Facebook dan cara mengintegrasikan toko Shopify Anda dengan Facebook. Selain itu, pastikan Anda bertahan sampai akhir untuk mempelajari cara menandai produk Anda di postingan Facebook.

 

Apa Itu Toko Facebook?  

Toko Facebook adalah fitur yang baru-baru ini diperkenalkan yang bertujuan untuk meredakan gangguan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Ini memungkinkan Anda untuk memperlihatkan produk Anda di halaman Facebook dan profil Instagram Anda dengan cara yang menawarkan pengalaman belanja asli.  

Toko Facebook memberi Anda kemampuan untuk membuat koleksi khusus dengan mengelompokkan item dari inventaris Anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan produk Anda. 

 Selain itu, Anda dapat menghadirkan merek dan etalase yang berbeda dengan menyesuaikan tata letak dan warna toko Facebook Anda. Dengan gambar layar penuh dan desain yang dapat disesuaikan, Toko Facebook memungkinkan Anda membuat identitas merek di Facebook dan Instagram.

 


Bisnis kecil biasanya kesulitan untuk memindahkan bisnisnya ke online, dan saat ini, banyak dari mereka yang mengkhawatirkan keadaan etalase mereka. 

Karena orang-orang diperintahkan untuk tinggal di rumah, mereka mengalami kesulitan untuk tetap terbuka dan menghasilkan cukup uang untuk bertahan dalam bisnis. 

 Dengan Toko Facebook, pengecer kecil memiliki kesempatan untuk mengatasi badai COVID-19 dan mendapatkan lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya. 

Setelah menggunakan Toko Facebook, pelanggan dapat mengakses toko Anda dan melihat koleksi Anda dari halaman bisnis Facebook, profil Instagram, atau Story Instagram Anda. 

Dan seperti saat Anda berada di toko ritel dan menawarkan dukungan kepada calon pelanggan, Anda akan dapat terhubung dengan orang-orang melalui Messenger, WhatsApp, atau Instagram Direct untuk menjawab pertanyaan, memberikan pembaruan pelacakan, dan banyak lagi.

 Facebook juga mengatakan bahwa di masa depan pelanggan akan dapat melihat toko Facebook bisnis dan membeli produk langsung dalam obrolan di saluran komunikasi tersebut. Artinya, Anda akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk melakukan penjualan melalui upselling dan cross-selling.

 Toko Facebook untuk Pengguna Shopify

 Shopify telah bekerja sama dengan Facebook sejak 2015 untuk memberi penjual solusi perdagangan multi-channel terbaik. Sekarang perusahaan tersebut telah bermitra dengan Facebook untuk menghadirkan pengalaman belanja baru yang memprioritaskan perangkat seluler ke pedagang Shopify.  

Inilah yang dapat Anda harapkan: Jika Anda sudah menjual produk di Shopify, Toko Facebook akan tersedia untuk Anda sebagai tempat penjualan tambahan dan Anda akan dapat menggunakannya untuk membuat etalase bermerek di Facebook bahkan Instagram. 

 Setelah memublikasikan toko Anda, Anda juga dapat menyesuaikannya serta mengkurasi koleksi produk langsung di dalam Facebook dan Instagram. Dan dengan integrasi Shopify, inventaris dan item Anda akan tetap tersinkronisasi sempurna dengan toko e-niaga Anda, sehingga Anda dapat mengelola bisnis Anda dari satu tempat sambil memberikan pengalaman pelanggan omnichannel.
 
 Shopify and Facebook Shops
Pembayaran produk juga akan diberdayakan oleh Shopify untuk pemilik toko, perusahaan juga menawarkan Instagram Checkout ke beberapa penjual yang mencoba dengan fitur baru.  
 
Toko Facebook diharapkan untuk diluncurkan ke setiap pedagang dalam beberapa bulan ke depan, tetapi Anda bisa memulai dengan menambahkan saluran Facebook di Shopify.  
 
Teruskan membaca untuk mempelajari cara mengaturnya dan bagaimana Anda dapat menyelaraskan produk Anda yang sudah ada melalui saluran sehingga Anda dapat menyesuaikan Toko Facebook Anda setelah tersedia.
 

 Bagaimana Cara Membuat Toko Facebook?

 Sebelum Toko Facebook yang kami maksud ini, satu-satunya cara untuk membuat etalase Facebook adalah dengan menggunakan tab "Toko" di Halaman Facebook Anda. 

 Meskipun sejumlah kecil bisnis yang menggunakan tab Toko Facebook akan bermigrasi ke Toko Facebook, sebagian besar masih perlu menunggu peluncuran global. Artinya, jika Anda berbasis di negara di mana fitur Facebook lambat untuk dijangkau, Anda harus mengambil cara sederhana untuk mendirikan toko Facebook.  

Fitur Shop adalah tab yang dapat Anda konfigurasikan di halaman Facebook Anda untuk mempromosikan dan menjual produk Anda langsung ke pengguna Facebook di platform itu sendiri.  

Berikut adalah contoh  tampilan Toko Facebook dengan integrasi menggunakan Shopify: 

 Saat pengguna Facebook mengklik suatu produk, mereka akan melihat halaman produk yang diperluas. Di halaman ini, mereka dapat melihat gambar dan video produk, dan membaca deskripsi produk.

 Facebook Shop Example

Apa Manfaat Toko Facebook?

Facebook Shop Product Page Example 

 Apa Manfaat Toko Facebook?

 Sebelum kita melihat cara membuat toko Facebook, penting untuk memahami secara pasti bagaimana toko Facebook dapat membantu Anda mengembangkan bisnis e-niaga. 

 Berikut adalah tiga manfaat utama memiliki toko Facebook, tradisional atau yang mengutamakan seluler:

 1. Anda Dapat Menandai Produk Anda di Posting Facebook untuk Meningkatkan Penjualan

 Setelah Anda menyiapkan toko Facebook, Anda akan dapat mulai menandai produk apa pun yang ditampilkan di gambar Anda. Ini memastikan bahwa setiap orang yang melihat posting Anda akan mengetahui produk yang Anda miliki. Dalam contoh di bawah dari Nike, Anda dapat melihat thumbnail cantuman produk di bawah judul "Produk yang ditampilkan".

Facebook Shop Product Tagging

Selain itu, perhatikan bagaimana setiap produk pada gambar memiliki ikon label harga? Saat pengguna mengarahkan mouse ke atas ikon, informasi produk ditampilkan. Inilah bagian terbaiknya: Setelah Anda menyiapkan toko Facebook, menandai produk dalam postingan menjadi cepat dan mudah. Lebih lanjut tentang itu sebentar lagi.

 2. Anda Dapat Memanfaatkan Keterlibatan Sosial Facebook

 Orang-orang nongkrong di Facebook. Ingat, rata-rata pengguna harian menghabiskan hampir satu jam di platform setiap hari. Dengan menggunakan Toko Facebook atau menambahkan tab Toko Facebook ke halaman Anda, Anda dapat memanfaatkan cara pengguna terlibat di Facebook.  

Tidak seperti situs web Anda, ketika orang melihat produk Anda di toko Facebook Anda, mereka dapat menyukai, menyimpannya untuk nanti, membagikannya dengan teman, atau meninggalkan komentar untuk mengajukan pertanyaan atau membagikan pemikiran mereka.

Social Selling 

 
Selain itu, jika Anda berada di AS dan pembayaran telah diaktifkan, pelanggan dapat melakukan pemesanan tanpa harus meninggalkan platform.  

Setiap tindakan ini akan membantu memaparkan merek Anda kepada orang-orang baru dengan cara terbaik - melalui seorang teman. Keterlibatan ini berfungsi sebagai bentuk bukti sosial yang kuat - artinya orang-orang sangat dipengaruhi oleh opini dan tindakan orang lain.

3. Toko Facebook Dapat Membantu Mengurangi Kesulitan Dalam Proses Penjualan

 Anda ingin mempermudah orang untuk membeli produk Anda. Semakin banyak "kesusahan" yang Anda buat bagi pelanggan, semakin besar kemungkinan mereka akan menyerah atau terganggu dan tidak menyelesaikan pembelian mereka.  

Sederhananya, toko Facebook membuat hidup lebih mudah bagi pengguna Facebook. Mereka dapat menjelajahi produk Anda di jendela yang sama yang mereka gunakan untuk mengobrol dengan teman. Plus, mereka dapat menambahkan produk ke keranjang mereka dan kemudian memeriksa di platform, atau menuju ke situs web Anda untuk menyelesaikan pembelian produk Anda.

Memiliki Masalah Dengan Membuat Toko Facebook Sebelumnya?

Meskipun Anda dapat mengakses fitur tab Facebook Shop, Facebook hanya menyediakan layanan keranjang belanja dan checkout untuk penjual di Amerika.  

Dan sekali lagi, kami tidak tahu kapan negara lain dapat mengharapkan akses ke fitur ini. 

 Namun, jangan khawatir. Jika Anda tidak berbasis di USA, Anda masih dapat menggunakan toko Facebook sebagai tempat penjualan untuk memikat pelanggan baru dan mengirim mereka ke situs web Anda untuk melihat-lihat dengan menggunakan tombok checkout, "Lihat di Situs".

Check Out on Website 

Oke, sekarang mari kita lihat cara menyiapkan toko Facebook dengan Shopify. Kemudian, kita akan melihat cara membuat toko Facebook mandiri menggunakan tab Toko di halaman Facebook.

 Cara Mengatur Toko Facebook dengan Shopify

 Shopify Facebook Shop IntegrationLangkah 1: Buat Toko Shopify Anda

 Jika Anda belum memiliki toko Shopify, buka Shopify.com dan buat akun.

 

Shopify Sign Up

Shopify menawarkan uji coba gratis selama 14 hari, sehingga Anda dapat mengujinya sebelum melakukannya. Namun, untuk membuat toko Facebook, Anda harus mendaftar ke salah satu paket Shopify, yang mulai dari $ 29 per bulan. Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke dasbor Shopify baru - alias pusat komando e-niaga masa depan Anda:

Shopify Dashboard Pada titik ini, Shopify akan meminta Anda untuk menambahkan produk, menyesuaikan tema dan menambahkan nama domain. Yang terbaik adalah menyiapkan toko Anda sekarang, untuk bantuan lebih lanjut lihat:

 Cara Menyiapkan Toko Shopify Anda. Selain itu, jika Anda belum memiliki halaman Facebook untuk bisnis Anda, Anda harus menyiapkannya ter lebih dahulu sebelum dapat melanjutkan. 

 Langkah 2: Hubungkan Toko Shopify Anda ke Halaman Facebook Anda

 Buka dasbor Shopify Anda, klik "add sales channel", lalu klik ikon tambah untuk menambahkan Facebook sebagai saluran penjualan baru.

 

Add Facebook Shop to Shopify 

Setelah Anda selesai melakukannya, klik "Connect account" untuk menghubungkan Shopify dengan akun Facebook Anda.

 

Connect Facebook and Shopify 

Facebook akan meminta Anda untuk mengizinkan Shopify untuk "mengelola Halaman Anda dan menerbitkan sebagai Halaman yang Anda kelola" - klik "OK" untuk melanjutkan. Selanjutnya, gunakan menu drop-down untuk memilih halaman Facebook yang Anda inginkan untuk membuat toko Facebook. Setelah Anda selesai melakukannya, klik "Connect page".

 Connect Facebook and Shopify

Pada tahap ini, Anda diminta untuk membaca dan menyetujui Persyaratan dan Kebijakan Penjual Facebook. Pastikan untuk membaca ini sebelum mengklik "Terima Persyaratan". Semua selesai? Oke, perlu waktu hingga 48 jam bagi Facebook untuk meninjau dan menyetujui toko Anda. 
 
Sementara itu, mari kita uraikan apa yang akan Anda lakukan setelah Anda mendapatkan lampu hijau dari Facebook. Setelah Facebook menyetujui toko Anda, Anda harus mendaftar ke salah satu paket Shopify dan mengklik "Aktifkan" sebelum Anda dapat mulai menjual melalui toko Facebook Anda.
Enable Facebook Shop


Langkah 3: Pilih Produk dan Koleksi Yang Akan Ditampilkan di Facebook

 Sekarang setelah Anda menautkan toko Shopify ke halaman Facebook Anda, sekarang saatnya menyiapkan toko Facebook Anda. Untuk menambahkan produk ke toko Facebook Anda, klik tab "Produk" di dasbor Shopify Anda dan pilih produk yang ingin Anda tambahkan. Selanjutnya, klik "Tindakan" untuk membuka menu tindakan, lalu klik "Buat produk tersedia".

Shopify Product Management 

A popup window will ask you which sales channels you want the products to be displayed on. Check the box next to Facebook and click “Make products available.”

Make Products Available on Facebook Shop 

Anda juga dapat menambahkan koleksi ke toko Facebook Anda dengan cara yang sama. Cukup klik tab "Koleksi" di dasbor Shopify dan ulangi prosesnya. Sekarang, untuk mengedit bagaimana produk diatur di toko Facebook Anda, buka tab "Penerbitan" di bawah "Facebook" di sidebar. Di sini Anda dapat menambah, menghapus, dan mengatur koleksi produk yang ditampilkan di toko Facebook Anda.

 Shopify Product Management 

Setelah selesai, buka halaman Facebook Anda dan Anda akan melihat tab "Toko" baru yang menampilkan produk dan koleksi Anda.

 Berikut adalah contoh dari pengguna Shopify KKW Beauty:

Facebook Shop Tab 

Jika Anda ingin mengubah urutan tab halaman Facebook Anda, baca "Langkah 1" di bagian selanjutnya. Selamat, Anda sekarang bangga menjadi pemilik toko Facebook!

Cara Mendirikan Toko Facebook Sederhana Secara Langsung

 Di bagian ini, kita akan membahas cara menyiapkan dan mengelola toko Facebook hanya menggunakan platform itu sendiri. Sekali lagi, jika Anda belum memilikinya, pastikan untuk menyiapkan halaman bisnis Facebook sebelum melanjutkan. Oke, mari kita masuk.

 Langkah 1: Tambahkan Tab "Belanja"

 Arahkan ke halaman Facebook Anda dan klik "Pengaturan." Anda kemudian akan disajikan dengan menu pilihan halaman Facebook yang sangat besar. Sekarang, klik "Template dan tab" sehingga kita dapat menambahkan tab toko Facebook.

Facebook Page Settings

Ini akan menunjukkan kepada Anda semua tab yang sedang Anda gunakan. Gulir ke bawah daftar dan klik "Tambahkan Tab".
 Facebook Shop Tab 
Sekarang, cari "Belanja" dan klik "Tambah Tab".
 Add Facebook Shop 
Ini akan menambahkan tab toko ke halaman Facebook Anda. Jika Anda ingin mengatur ulang urutan tab, cukup klik tiga garis horizontal dan seret tab Anda ke dalam pengaturan yang Anda inginkan.
 Facebook Shop Tab 
Namun, saat melakukan ini, pastikan tab toko Anda ada di tiga teratas. Ini akan memastikan bahwa tab masih terlihat ketika daftar tab Anda dipersingkat oleh tautan "Lihat selengkapnya".
 Facebook Shop Tab 

Langkah 2: Konfigurasikan Tab Toko Facebook Anda

 Jika tab toko Anda tidak ditampilkan dengan benar, kembali ke "Template dan tab", klik "Pengaturan", dan pastikan "Tampilkan tab Toko" aktif.

 Facebook Shop Tab

Setelah Anda selesai melakukannya, kembali ke halaman Facebook Anda dan klik "Belanja". Untuk melanjutkan, Anda harus menyetujui Syarat dan Kebijakan Penjual Facebook. Pastikan untuk membaca semua ini sebelum menyetujui dan mengklik "Lanjutkan".
 Set Up Facebook Shop 
Selanjutnya, Facebook akan menanyakan cara Anda ingin orang-orang membeli produk dari toko Anda. Semua tempat di luar AS memiliki dua opsi: "Pesan untuk dibeli", atau "Pembayaran di situs web lain".
 Facebook Shop Checkout Method 
 
Jika Anda tinggal di AS, Anda juga akan diberikan opsi untuk menerima pembayaran langsung dari halaman Facebook Anda dengan menautkan bank atau akun Stripe Anda. (Klik di sini untuk mempelajari cara melakukan ini.) Setelah Anda memilih metode pembayaran, sekarang saatnya menambahkan produk ke toko Facebook Anda!  

 

Langkah 3: Tambahkan Produk ke Toko Facebook Anda 

 
 Untuk memulai, buka tab toko Facebook Anda dan klik "Tambahkan Produk".
 Add Product to Facebook Shop 
Selanjutnya, unggah foto dan video produk Anda. Kemudian, ketik nama produk Anda, harga, dan sertakan deskripsi produk yang menarik. Dalam contoh ini, saya memilih untuk mengirim pembeli ke situs web untuk menyelesaikan pembelian mereka, jadi saya perlu menambahkan URL situs web untuk produk khusus ini.
 
Facebook Shop Add ProductSekarang, Facebook memiliki pedoman dan rekomendasi terperinci untuk daftar produk. Mari kita lihat sekilas beberapa poin terpenting. 
 
Panduan Gambar Produk Facebook Kamu harus: 
 
Sertakan setidaknya satu gambar untuk setiap daftar produk Gambar harus dari produk itu sendiri (tidak boleh merupakan representasi grafis / gambar ilustrasi) Idealnya
 
  • Anda harus menggunakan gambar yang Sesuai: 
Tunjukkan semua produk Tunjukkan produk dari dekat dalam pengaturan pencahayaan yang baik Memiliki resolusi 1024 x 1024 atau lebih tinggi Berada dalam format persegi Memiliki latar belakang putih Pamerkan produk dalam situasi sebenarnya (real).
  • Jangan gunakan gambar yang mengandung: 
Teks (mis., Ajakan bertindak atau kode promosi) Konten yang menyinggung (mis., Ketelanjangan, bahasa eksplisit, kekerasan) Materi iklan atau promosi Tanda air Informasi sensitif waktu (mis., Penawaran waktu terbatas) Panduan Deskripsi Produk Facebook.
  • Deskripsi Anda tidak boleh menyertakan: 
HTML (Hanya teks kaya) Nomor telepon atau alamat email Judul panjang Tanda baca yang berlebihan Semua huruf menggunakan huruf besar atau kecil Spoiler buku atau film Idealnya, 
  • Deskripsi Yang Sesuai: 
Hanya berikan informasi yang berhubungan langsung dengan produk Ringkas dan mudah dibaca Soroti fitur dan manfaat produk yang unik Benar secara tata bahasa dan diberi tanda baca dengan benar. 
  • Setelah Anda selesai: 
Pastikan untuk mengeklik tombol untuk mengaktifkan berbagi, lalu klik "Simpan". Pada tahap ini, Anda harus menunggu Facebook meninjau dan menerima produk Anda. Ini biasanya membutuhkan waktu beberapa menit dan Facebook akan memberi tahu Anda saat pemrosesan selesai dan produk Anda terlihat.
  
Setelah produk Anda disetujui, mereka akan terlihat seperti ini:
 
Facebook Shop Product Page 
Kemudian, ulangi proses ini sampai semua produk Anda ditambahkan.
 

Step 4: Manage Your Products and Orders

 Untuk mengelola produk dan pesanan Anda, klik tab "Alat Penerbitan" di bagian atas halaman Facebook Anda, dan klik "Belanja" di dekat bagian bawah menu bilah sisi.

 Facebook Shop Management 

Jika Anda berbasis di AS dan memilih untuk mengizinkan pengguna melakukan pembayaran di Facebook, Anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap kali Anda menerima pesanan baru. Anda juga memiliki tab tambahan di bawah menu "Toko" untuk mengelola pesanan Anda.

 Selanjutnya:

 Cara Menandai Produk Anda di Kiriman Facebook

 Mari kita pelajari dengan cepat cara menandai produk Anda di postingan Facebook. Pertama, bagikan postingan Facebook baru atau tampilkan postingan lama yang menampilkan produk yang ingin Anda tandai. Sekarang Anda memiliki tab toko Facebook dengan produk di dalamnya, akan ada opsi untuk "Beri tag produk" di samping tombol "Tandai foto" yang biasa.

 

Tag Products Facebook Shop 

Cukup klik "Beri Tag Produk", pilih produk yang ingin Anda beri tag dan klik "Pemberian Tag Selesai". Itu dia! Sekarang, setiap kali pengguna melihat postingan Anda, mereka akan melihat thumbnail dari daftar produk toko Facebook Anda di samping gambar.

 Facebook Shop Product Page  

Ringkasan

 Toko Facebook adalah peluang luar biasa untuk menempatkan penawaran produk Anda di dalam platform media sosial paling populer di dunia. Ketika Anda membuatnya melalui Toko Facebook atau menggunakan tab Toko di halaman Facebook, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk: 

Memanfaatkan keterlibatan sosial Facebook yang luar biasa untuk mengekspos merek/produk Anda kepada teman-teman pembeli.

Tandai produk Anda di posting Facebook untuk meningkatkan penjualan Kurangi hambatan dalam proses penjualan dengan mengizinkan pengguna untuk berbelanja produk Anda tanpa meninggalkan situs 

Jika Anda serius ingin menjual secara online, sebaiknya buat toko Facebook menggunakan layanan seperti Shopify. 

Dengan cara ini, Anda akan tetap memegang kendali penuh atas bisnis Anda sambil juga mendapatkan akses ke serangkaian fitur yang dirancang hanya untuk membantu Anda meningkatkan laba. 

Jika Anda berbasis di negara tanpa akses ke Toko Facebook, jangan khawatir - ini sedang dalam perjalanan. 

Dan sementara itu, Anda dapat membuat toko Halaman Facebook dan memanfaatkan fitur lain seperti Cerita Facebook dan Facebook Live untuk mengembangkan toko Anda. 

Apakah Anda memiliki toko Facebook? Beri tahu kami tentang pengalaman Anda di komentar di bawah!

 Source Tulisan & Gambar: Oberlo, Facebook dan dokumen pribadi