Apa Itu Search Engine Marketing (Pemasaran Mesin Pencari) ?
Apa Itu Search Engine Marketing (Pemasaran Mesin Pencari) ? - Hallo Sobat PapAffan - Seputar Dunia Teknologi Internet Dan Social Media, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apa Itu Search Engine Marketing (Pemasaran Mesin Pencari) ?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel SEM, yang kami tulis ini dapat anda pahami.
Judul : Apa Itu Search Engine Marketing (Pemasaran Mesin Pencari) ?
link : Apa Itu Search Engine Marketing (Pemasaran Mesin Pencari) ?
Apa Itu Search Engine Marketing (Pemasaran Mesin Pencari) ?
SukriSudin.id - Konsep di balik Search Engine Marketing ternyata cukup sederhana: ketika seorang konsumen atau pebisnis mencari sebuah website melalui sebuah kotak teks atau dengan mengklik sebuah hirarki direktori maka dia berapa pada "hunt mode (mode berburu)". Keadaan psikologis ini unik karena memberi tanda ke mesin pencari (dan kepada pemasar) bahwa orang tersebut mencari informasi, yang sering bersifat komersial langsung atau tidak langsung.
Searh Engine Marketing
Pemasar memahami bahwa "hunt mode" ini berarti bahwa pencari mungkin sangat baik saat berada di tahap awal, tengah, atau akhir dari siklus pembelian. Ketika seseorang meneliti sebuah produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak atau kebutuhan di masa depan mereka dalam keadaan yang tidak biasanya: mereka menginginkan informasi yang relevan dan mudah untuk mencerna dan mengambil tindakan atas informasi yangsudah di ujung jari mereka, yang mana semua dimungkinkan oleh mesin pencari.
Hal ini membuat hasil mesin pencari merupakan beberapa sumber terbaik dari trafik atau lalu lintas yang tertarget, apakah trafik ini berasal dari daftar pencarian yang tidak berbayar (organik) ataukah berasal dari daftar iklan berbayar seperti Google AdWords.
Banyak pemasar berpikir bahwa mesin pencari memberikan hasil pencarian atau SERP (Search Engine Results Page) dalam bentuk hasil tekstual murni. Yang benar adalah bahwa hasil pencarian dapat berupa kombinasi dari teks, gambar, video, audio, atau format file lainnya. Di Amerika Serikat, mesin pencari tidak hanya Google, Yahoo dan Bing saja; namun juga termasuk website e-commerce seperti eBay dan Amazon, serta mesin pencari khusus seperti YouTube dan Hulu untuk video, mesin pencari khusus rstoran, mesin pencari "orang" seperti LinkedIn, atau direktori bisnis online untuk hasil lokal, termasuk IYPs (Internet Yellow Pages) dan situs seperti Yelp, Angie’s List, dan lain-lain.
Banyak negara memiliki tujuan umum atau mesin pencari khsusus yang diluncurkan secara lokal untuk memenuhi kebutuhan penduduk sebuah negara .
Ditambah lagi, bentuk-bentuk baru dari pencarian juga berkembang pesat, termasuk pencarian suara (voice-driven-search), serta pencarian dalam lingkungan aplikasi.
Semua mesin pencari menggunakan algoritma untuk mencoba memberikan hasil yang paling relevan kepada setiap pencari, mengambil ke dalam akun bukan hanya kata kunci pencarian yang digunakan tetapi juga lokasi si pencari, perangkat, sistem operasi, perilaku pencarian sebelumnya, dan bahkan identitas. Semakin baik algoritma pencarian khusus untuk hasil pencarian berbayar atau organik (tidak berbayar) maka akan semakin puas pencari dengan hasil yang mereka dapatkan. Karena mesin pencari bersaing untuk perhatian, bola mata, dan telinga dari para pencari, ada insentif besar untuk perbaikan terus-menerus dan inovasi.
Untuk memanfaatkan kekuatan yang terkandung dalam sumber lalu lintas atau trafik tertarget ini, pemasar harus memahami bagaimana untuk menggunakan kedua metode SEM baik yang tidak berbayar (organik) maupun yang berbayar (paid) secara efektif dan memiliki harapan yang realistis tentang apa yang dapat dicapai oleh mmasing-masing metode tersebut.
Lalu lintas atau trafik dari mesin pencari itu unik melalui cara berikut:
Lalu lintas mesin pencari merupakan metode pemasaran non-intrusif.
Mayoritas iklan online dan offline begitu memaksak audience (pemirsa), mengganggu kegiatan yang mereka lakukakan saat itu, misalnya saat mereka mencari tutorial di website tiba-tiba muncul iklan pop-up dan lain sebagainya. Pencarian unik dalam menggali pencari pada saat yang tepat saat dia mencari pengetahuan atau solusi. Pencari berada dalam sebuah misi – semua itu adalah tentang "just-in-time marketing".
Trafik yang dihasilkan oleh mesin pencari berasal dari sukarela berdasarkan perilaku pencarian audience (pemirsa).
Ini berarti pengunjung dari link hasil pencarian (atau melaksanakan hasil pencarian) yang dipilih bukan hanya konten Anda (link, gambar, video atau format lainnya) , tetapi memilih permintaan pencarian yang mengakibatkan konten Anda (iklan atau organik) ditampilkan.
Pemasaran "Organik" mesin pencari (daftar pencarian organik) menggabungkan praktik terbaik dari kreativitas, teknologi, kegunaan, copy, dan promosi online / PR.
Hal ini karena banyak mesin pencari bekerja berdasarkan algoritma relevansi mereka pada kombinasi dari teks yang mereka lihat di halaman, situs, video, atau gambar dan menggabungkan informasi konten dengan unsur-unsur eksternal seperti link dan perilaku pengguna / preferensi yang menunjukkan dari waktu ke waktu untuk sebuah domain , sumber konten, atau elemen konten tertentu.
Beberapa pemasar percaya bahwa ada "trik" yang akan meningkatkan relevansi website dengan mesin pencari yang bekerja berdasarkan perayapan laba-laba (crawler-).
Bukan hanya beberapa trik ini tidak bekerja; bahkan kebanyakan dari trik ini dapat mengakibatkan hukuman relevansi negatif sebagai langkah-langkah yang diambil oleh mesin pencri untuk menghukum pemasar yang berusaha untuk memanipulasi peringkat dan relevansi. Yang mengatakan, masih ada alasan kuat untuk menempatkan usaha yang sah dibalik optimasi SEO organik, khususnya upaya dalam desain website, format konten, optimasi kejelasan konten, dan penyesuaian platform server.
Iklan dan daftar pencarian berbayar telah memainkan peran yang semakin meningkat dalam pikiran kebanyakan pemasar ', karena meningkatnya real estate layar mereka, terutama pada perangkat mobile.
Berikut ini adalah jenis daftar pencarian berbayar yang paling umum:
Iklan dan daftar pencarian berbayar telah memainkan peran yang semakin meningkat dalam pikiran kebanyakan pemasar ', karena meningkatnya real estate layar mereka, terutama pada perangkat mobile.
Berikut ini adalah jenis daftar pencarian berbayar yang paling umum:
- Penempatan berbayar
- Inklusi berbayar
- Pencarian belanja
- Iklan pencarian video
- Iklan pencarian lokal
- Iklan cantuman produk
Sebagai bentuk-bentuk baru dari pencarian seperti pencarian suara, ada harapan dalam industri bahwa unit iklan akan muncul dalam pencarian suara juga.
Penganggaran untuk pencarian bukanlah perkara sepele. Mengalokasikan sumber daya dengan benar dan tepat di antara visibilitas dan investasi pencarian berbasis iklan pada SEO atau pemasaran konten menimbulkan tugas sulit bagi departemen pemasaran.
Banyak pemasar ingin membandingkan SEO organik dengan public relations atau "media berbayar" karena tidak ada jaminan atau garansi kesuksesannya, membuat ROI pada media berbayar (termasuk SEO) merpakan sebuah tantangan untuk memprediksi dan kadang-kadang sebuah tantangan untuk mengukur. Dalam kedua SEO dan PR, pemasar memiliki pilihan untuk menyewa staf internal, menggunakan jasa konsultan, atau menggunakan agen luar. Opsi yang sama berlaku untuk pemasaran pencarian berbayar seperti Google AdWords.
Semua jenis pemasar bisa mendapatkan keuntungan dari dialog dengan pencari; apakah pencari ini sedang menghadapi krisis, membutuhkan informasi, atau siap untuk membeli. Jika Anda tidak dalam hasil pencarian ketika pelanggan atau prospekAnda sedang mencari, maka pesaing Anda akan berada di sana. Anda mungkin kehilangan pelanggan atau calon pelanggan selamanya untuk setiap pesaing yang hadir. Terdengar menakutkan? Anda bertaruh tentan itu dan miliaran dolar dalam layanan dan pendapatan iklan yang didorong oleh pentingnya visibilitas pencarian: berada di tempat yang tepat di halaman hasil mesin pencari pada waktu yang tepat.
Penganggaran untuk pencarian bukanlah perkara sepele. Mengalokasikan sumber daya dengan benar dan tepat di antara visibilitas dan investasi pencarian berbasis iklan pada SEO atau pemasaran konten menimbulkan tugas sulit bagi departemen pemasaran.
Banyak pemasar ingin membandingkan SEO organik dengan public relations atau "media berbayar" karena tidak ada jaminan atau garansi kesuksesannya, membuat ROI pada media berbayar (termasuk SEO) merpakan sebuah tantangan untuk memprediksi dan kadang-kadang sebuah tantangan untuk mengukur. Dalam kedua SEO dan PR, pemasar memiliki pilihan untuk menyewa staf internal, menggunakan jasa konsultan, atau menggunakan agen luar. Opsi yang sama berlaku untuk pemasaran pencarian berbayar seperti Google AdWords.
Semua jenis pemasar bisa mendapatkan keuntungan dari dialog dengan pencari; apakah pencari ini sedang menghadapi krisis, membutuhkan informasi, atau siap untuk membeli. Jika Anda tidak dalam hasil pencarian ketika pelanggan atau prospekAnda sedang mencari, maka pesaing Anda akan berada di sana. Anda mungkin kehilangan pelanggan atau calon pelanggan selamanya untuk setiap pesaing yang hadir. Terdengar menakutkan? Anda bertaruh tentan itu dan miliaran dolar dalam layanan dan pendapatan iklan yang didorong oleh pentingnya visibilitas pencarian: berada di tempat yang tepat di halaman hasil mesin pencari pada waktu yang tepat.